Tentang Program Studi

icon front default1

 

Sekilas sejarah mengenai pembentukan program studiAgroekoteknologi. Program studi Agroekoteknologi di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara yang terbentuk sejak 2008, merupakan hasil peleburan dari 4 program studi yaitu PS Agronomi, PS Ilmu Tanah, PS Hama dan Penyakit Tanaman, dan PS Pemuliaan Tanaman (SK Dirjen DIKTI nomor 163 tahun 2007, Tentang Penataan dan Kodefikasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi).

Sementara Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara didirikan pada tanggal16 November 1956. Dalam periode 1956 – 1975, ada dua tingkat kesarjanaan yaitu sarjana muda yang diperoleh selama 4 tahun dengan gelar B.Sc.Agr (sarjana muda pertanian) dan sarjana pertanian dengan gelar Insiyur (Ir) yang diperoleh dengan melanjut pendidikan selama 2 tahun. Mulai tahun 1976 diberlakukan sistem kredit semester untuk semua perguruan tinggi di Indonesia. Sarjana Strata satu di Fakultas Pertanian dapat diperoleh dengan masa studi 4,5 tahun. Jurusan Ilmu Tanah terbentuk pada tahun 1960, jurusan Hama dan Penyakit Tanaman terbentuk pada tahun 1974. Saat itu mahasiswa memilih jurusan setelah semester 4. Setiap jurusan dipimpin oleh ketua dan sekretaris jurusan. Pemilihan jurusan didasarkan pada minat dan nilai mata kuliah dasar untuk setiap jurusan.

Pada tahun 1996 terjadi perubahan dalam pengelolaan program studi yaitu adanya pemisahan yang signifikan dari tiap program studi, dimana sejak mendaftar calon mahasiswa sudah menentukan program studi yang dipilih. Tetapi di tahun 2008 keempat program studi yang telah terpisah tersebut kembali menjadi satu program studi yang melebur dengan nama program studi Agroekoteknologi.